Konstek Pemasyarakatan Bidang Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi
Konsultasi Teknis Pemasyarakatan Bidang Pembinaan, Bimbingan Dan Teknologi Informasi Jajaran Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Ham D.I Yogyakarta

Sleman, (25/06) Kepala Lapas Kelas IIB Sleman, H. Kusnan, Amd.IP., S.Sos, S.H., M.H., didampingi Kepala Seksi Binadik dan Giatja, Ridwan, S.H., dan kepala Sub Seksi Kegiatan Kerja, Hari Purwanto, A.Md bersama Staf Sub Seksi Kegiatan Kerja mengikuti kegiatan Konsultasi teknis Pemasyarakatan Bidang Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi Secara Virtual bertempat di Aula Lapas Kelas IIB Sleman, Kamis 25 Juni 2020. Kegiatan ini Mengusung tema_” Optimalisasi Program Pembinaan, Bimbingan dan Kemandirian Untuk mewujudkan Layanan Pemasyarakatan PASTI Bersih dan Melayani”. Konstek hari kedua ini, sesion pertama diisi materi tentang Meningkatkan PNBP Sebesar 7 Miliar merujuk dari hasil Deklarasi Resolusi Pemasyarakatan tahun 2020 (Tanggal 21 januari 2020) dengan Narasumber dari Direktur Binapi Latkerpro Ditjen Pemasyarakatan, Kadek Anton Budiharta, Amd.IP., S.H, M.Si. Bahwa Output terselenggaranya Pembinaan Kemandirian dikhususkan dibidang industri manufaktur,jasa dan agribisnis. Outcome nya mencakup, narapidana akan memperoleh keterampilan sebagai bekal pada saat bebas nanti, persentase narapidana yang bekerja dan produktif, serta jumlah PNBP dari kegiatan kemandirian.

Pada sesion kedua, dengan mengangkat tema_”Meningkatkan Narapidana menjadi Sumber daya Manusia Yang berkualitas”; menghadirkan Salah Seorang Penggiat usaha Batik Jumputan Berbasis Pewarnaan Alam ramah Lingkungan. Emirita LN Pratiwi sekaligus owner CV Luwes Putra Parama Yogyakarta. Emirita menyampaikan bahwa Batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia perlu untuk dilestarikan keberadaannnya. WBP sebagai manusia produktif harus mampu menciptakan kreasi keterampilan batik yang dimiliki dan melaksanakan terobosan-terobosan untuk mencapai peluang pasar. Dalam hal ini yang telah diinisiasi oleh Lapas Perempuan Yogyakarta.

Menutup acara, Ibu Kepala Divis Pemasyarakatan, G.A.P. Suwardani, Bc.IP, S.H., M.Si. berharap ilmu-dan paparan yang telah disampaiakan oleh para narasumber, mampu diserap rekan-rekan di unit satuan kerja Pemasyarakatan seluruh D.I. Yogyakarta. Harapannya, hasil dan prestasi yang telah dicapai oleh masing-masing UPT dapat ditingkatkan kembali, pungkasnya.




Artikel Terkait

Comments (3)

    komentar Facebook sedang dipersiapkan